Bisnis untuk Mahasiswa yang Simpel



                Selamat pagi semua. Salam strong. Sebagai mahasiswa kita mempunyai kesibukan yang kita dapat dari kampus, ternyata kampus merupakan sebuah tempat untuk kita belajar membuka bisnis atau peluang usaha untuk kita sendiri. Maka di kampus kita tidak melulu belajar materi yang ada di kampus, akan tetapi kampus juga bisa kita jadikan untuk kita memulai merintis bisnis mahasiswa mulai dari nol.



Banyak sekali bisnis untuk mahasiswa yang bisa kita coba, mulai dari bisnis mahasiswa tanpa modal hingga bisnis mahasiswa yang membutuhkan modal cukup besar. Peluang bisnis bagi mahasiswa ini bisa buat tambah tambah uang saku atau bahkan lebih, tergantung dari kesungguhan kalian.
Okeh, pada kesempatan yang indah ini saya akan berbagi informasi tentang bisnis yang cocok buat mahasiswa dengan sipel dan ga ribet.
Peluang bisnis mahasiswa yang akan kita bahas kali ini terdiri dari bisnis online mahasiswa hingga bisnis yang di jalankan secara nyata. Bisnis yang akan saya jelaskan semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua para mahasiswa.

Aneka bisnis untuk mahasiswa :
  1. Bisnis Kursus Private
Bisnis ini sangat ideal dengan mahasiswa, selain kita mengajar pada orang lain, kita juga bisa sambil belajar, mereview ilmu kita yang mungkin sudah tertimbun ilmu ilmu baru. karena pada dasarnya ilmu jika tidak di amalkan akan hilang. Itu hal yang pasti danjelas terjadi. Bisnis ini juga bisa di sesuaikan dengan bidang anda atau keahlian anda.

Biasanya bisnis ini akan sangat laris apabila anda sedang akan di adakannya UN, maka anak-anak akan banyak yang kursus mata pelajaran yang di ujikan secara nasional. Tentu saja hal ini bisa menjadi ladang emas untuk mahasiswa yang mencoba bisnis tanpa modal kursus private ini.
  1. Bisnis Jualan Barang Bekas
Bisnis yang kedua adalah jualan barang bekas yang simpel. Bisnis ini tidak memakan waktu yang terlalu banyak. Biasanya bisnis ini di pandang sebelah mata oleh orang karena pada dasarnya barang bekas memang barang yang sudah tidak terpakai, jadi kelihatan remehan.

Padahal barang bekas ini bisa menjadi barang yang mempunyai nilai berarti apabila kita pasarkan pada orang yang benar-benar membutuhkannya. Kita kulakan barang di pasar barang bekas, kemudian kita jual ulang pada teman-teman kita yang ada di kampus. Kendala yang mungkin akan di hadapi adalah gengsi, ya wajar lah, itu manusiawi.

      3. Jasa Penulis

Untuk bisnis bisnis online mahasiswa yang berikutnya adalah anda bisa menjadi seorang penulis jika memang anda mempunyai passion di situ. Saat ini bisnis mahasiswa menjadi penulis online juga sangat ramai, jadi anda bisa mencoba menjadi kontributor sebuah situs online.

Anda bisa membuka jasa penulisan online yang bisa anda sharing atau promosikan di jejaring sosial, jadi gadget kita bisa berguna walau sedikit, tidak hanya untuk buang buang waktu yang ga penting. Jika tulisan anda di sukai oleh banyak orang dan gampang di cari di google. Itu akan sangat menguntungkan untuk anda.

      4. Jasa Desain Grafis

Jika anda kreatif dan imaginatif, anda bisa mencoba bisnis yang satu ini. Mungkin jika ini passion anda, anda bisa membuka peluang usaha yang berkelanjutan dan bisa berkembang. Bisnis ini tidak membutuhkan waktu yang menyita tetapi ini hanya modal kretifitas anda. Gunakan otak kanan anda untuk menemukan ide lewat imaginasi yang tak terbatas.
Dengan ketrampilan desain yang anda miliki, maka anda bisa meraup keuntungan dari client anda. Misalkan tugas desain grafis dari teman, jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto dan jasa desain yang lainnya.

     5. Jasa Penerjemah

Contoh bisnis mahasiswa yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang sangat cocok bila di jalankan oleh jurusan bahasa baik itu bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa belanda, bahasa mandarin, bahasa prancis dan bahasa lainnya. Bisnis ini sangat di anjurkan untuk di coba, selain bisa melatih kemampuan kita, kita juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.
Jika anda tertarik dengan bisnis sampingan untuk mahasiswa yakni jasa penerjemahan ini, anda bisa menawarkan jasa anda kepada mahasiswa lain yang tentunya berbeda jurusan dengan anda, misalkan saja jurusan IT atau jurusan yang lainnya. Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar, bahkan memang tanpa modal karena modalnya hanya ketrampilan anda.

     6. Bisnis Kaos

Ide bisnis mahasiswa yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang tentunya menjadi tren bisnis anak muda masa kini, pasalnya sekarang kan lagi musim tuh distro. Nah dalam hal ini adalah kesempatan anda untuk meramaikan bisnis ini juga. Dalam bisnis mahasiswa yang satu ini anda harus menang dalam hal kreatifitas.

Untuk memulai bisnis ini, anda harus memiliki modal yang cukup, semua itu tergantung dari anda, ingin mulai dari yang skala besar atau kecil. Dalam bisnis ini, anda harus memiliki relasi dengan konveksi dan distro  atau toko yang akan anda pasarkan barang anda ke situ.

     7. Jasa Pembuatan Toko Online

Ide bisnis yang selanjutnya adalah pembuatan toko online. bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa IT yang searah dengan mata kuliahnya. Selain bisa membuka peluang bisnis, mahasiswa juga bisa mgaplikasikan ilmunya kedalam dunia nyata. Jasa pembuatan toko online ini sangat ramai di jalankan karena memang peluang usaha mahasiswa mandiri yang satu ini mempunyai keuntungan secara finansial sangat besar.

Saat ini banyak sekali orang yang jualan barang mereka melalui sosial media seperti facebook, twiter, instagram dan website dll. Tentunya jika kita menjual barang tersebut di toko online dengan tampilan dan engine yang elegan,agar menambah kepercayaan terhadap toko online yang kita buat.

     8. Jasa Pengiriman


Peluang bisnis mahasiswa sukses yang berikutnya adalah sebuah bisnis yang sepertinya bisa memanfaatkan motor anda jika anda mempunyai motor. Nah dengan anda mempunyai motor, tentunya motor tersebut bisa anda manfaatkan untuk bisnis jasa pengiriman barang yang ada di sekitar kampus anda.

Untuk memulai bisnis ini anda harus memiliki motor dan setidaknya anda paham dengan daerah dan lokasi yang akan di tuju. Bisnis ini mungkin akan memakan waktu yang cukup banyak karena anda harus mengantar barang yang mungkin jaraknya cukup jauh. Sebaiknya bisnis ini di lakukan saat anda memiliki waktu senggang yang panjang atau hari libur.

      9. Jualan Pulsa

Bisnis ini sudah tidak asing lagi untuk anda semua, mungkin sebagian dari kalian sudah pernah menjalankan bisnis ini sejak SD. Ini adalah bisnis yang simpel dan tidak ribet karena ini hanya menjual pulsa. 
Pengalaman yang saya dapat sih dari bisnis ini adalah biasanya teman kita suka ngutang dan sampai lupa dengan hutangnya,wkwk, ikhlasin aja ya.  Bisnis ini tidak memakan waktu yang lama dan tidak membutuhkan modal yang besar. Jika uang anda pas pasan, anda bisa memulainya dengan kecil kecilan.

    10. Menjadi Seorang Blogger

Bisnis ini adalah bisnis yang sedang saya rintis dengan perlahan. Bisnis ini sangat di gandrungi oleh para pemuda jaman sekarang. selain bisa menghasilkan pendapatan, bisnis ini sangat mudah dan praktis. Anda tidak butuh waktu yang banyak dan modal yang besar. Dengan 24 jam anda miliki anda hanya butuh 1-2 jam dari waktu yang anda punya dalam sehari penuh.

Jika anda sulit memulai bisnis ini, buka informasi dan pelajari tentang google adsense atau jika anda bingung, tanyakan saja pada google.

    11. Jualan Aplikasi Game

Bisnis mahasiswa yang selanjutnya adalah sebuah bisnis yang berhubungan dengan hobi yakni hobi ngegame. Bisnis mahasiswa yang satu ini bisa anda jalankan apa bila anda mempunyai koleksi game yang sangat banyak baik game android atau pun game PC yang tentu saja banyak sekali peminatnya, terlebih lagi di kalangan mahasiswa.

Anda juga bisa membuka jasa copy game untuk teman-teman mahasiswa anda, semakin koleksi game anda banyak, maka para pelanggan anda akan dapat pilihan yang banyak pula. Hal ini tentu saja akan menjadi nilai plus bagi anda, karena pelayanan terbaik dan harga yang murah banyak di cari orang.

    12. Jualan E-Book

Peluang usaha yang tentunya sangat populer saat ini yakni jualan ebook secaa online sangat banyak di gemari orang. Berbagai ebook yang di jual di internet tentu saja membuat para pelanggan ebook di internet semakin banyak saja.

Di tambah lagi saat ini adalah eranya gadget dan smartphone, tentu saja buku elektronik ini sangat banyak di cari jika di bandingkan dengan buku hard copy yang dulu sempat menjadi tren. Produk ebook yang anda jual sebaiknya adalah hasil karya sendiri yang tentunya bermanfaat bagi para pembacanya.
                 Ini adalah sekelumit informasi yang saya ketahui, mungkin masih berjuta juta peluang usaha bagi mahasiswa yang masih ada. Jika anda mengambil jurusan management atau sejenisnya mungkin anda bisa mencoba bisnis kecil kecilan. Karena saya yakin, sebagian besar di kuliahan yang dia ajarkan adalah teory teory sampai anda pusing. " anda hanya tau, tapi tidak bisa " mungkin itu untaian kata untuk yang ingin memulai bisnis sampingan bagi mahasiswa. Jangan takut gagal, kalau pengin jangi pengusaha. Oke sekian artikel dari saya, semoga berguna bagi teman teman semua.  terimakasih and goodbye

    7 komentar:

    1. Yang gue lakuin Jadi Teknisi + jualan Kaos gan :D , tapi udah mulai melarat wkwkwk

      BalasHapus
    2. Balasan
      1. bener, tinggal bagaimana usaha dan ketekunan, kreativitas kita :)

        Hapus
    3. bagus nih buat referensi peluang usaha yang bisa untuk mahasiswa,mksh artikelnya mas

      BalasHapus